Cara Menulis Sales Letter Bikin Konsumen Melotot

Ini penjelasan mengenai sales letter / copywriting atau yang biasa disebut surat penawaran. Isi sales letter tentu kalimat presentasi yang biasa digunakan para sales dalam menjual produk. Namun karena sales letter terpasang di website, jadi tidak perlu melakukan hal yang melelahkan seperti sales offline.

Sales letter bermanfaat untuk meningkatkan jumlah penjualan dan juga sebagai tangan kanan dalam penjualan. Di samping itu, sales letter juga bermanfaat untuk mengetahui tingkat profesional seorang penjual dan tingkat kualitas produk.

Bila anda menjual produk yang membutuhkan penjelasan detail, lebih baik menggunakan sales letter seperti menjual informasi dan yang lainnya. Tujuan membuat sales letter agar anda tidak lelah melakukan penjelasan yang sama di banyak orang.

Bila anda mau memilih produk di Clickbank.com atau di Ratakan.com, maka bisa juga dengan teknik sales letter. Produk berkualitas bisa tergambar dari sales letter.

Walaupun penjelasan sales letter menarik, bila anda paham tentang sales letter, bisa jadi tidak akan terkena bujuk rayunya, baik untuk membeli atau menjadi affiliate. Banyak sekali sales letter yang terkesan menarik, namun ketika pada inti penjelasan yaitu pada benefit sebuah produk, mereka tidak menjelaskan dengan bukti rill atau detail. Lebih baik hindari bila masih ada yang lebih baik.

Membuat Sales Letter Yang Bisa Membuat Mata Konsumen MELOTOT dan Langsung Mau Membeli

Sales letter adalah hal utama yang menjadi faktor terjadinya penjualan. Karena sales letter yang membuat produk anda diketaui benefit-benefitnya.

Berikut urutan yang menjadi faktor terjadinya penjualan atau yang menjadi daya tarik pada konsumen:

  1. Sales letter
  2. Produk atau jasa yang anda tawarkan
  3. Tentang anda
  4. Teknik promosi
  5. Desain website

Kelima-limanya harus anda miliki bila anda masih membangun personal brand, bahkan produk yang sudah ternama pun selalu memperhatikan prinsip daya tarik penjualan di atas.

Sales letter ada beberapa jenis:

  1. Sales letter produk online shop. Biasanya penjelasannya singkat
  2. Sales letter produk informasi. Penjelasannya panjang

Sales letter pun ada dua teknik penjelasan yang banyak dipakai pebisnis, yaitu:

  1. Vidio presentasi
  2. Tulisan presentasi

Untuk menggunakan teknik vidio presentasi, prinsip sales letter sama dengan teknik tulisan presentasi dalam membuat sales letter. Hanya saja lebih menonjolkan pada audio-visual. Namun tetap, headline dan tombol pemesanan sales letter harus ada di luar vidio presentasi.

Namun tetap, yang namanya sales letter tentu berbentuk tulisan. Kalau berbentuk vidio, mungkin disebut video marketing. Atau Anda bisa membuat vidio sebagai penjelasan mengenai bukti rill sebuah benefit.

Bagaimana cara membuat sales letter yang membuat pengunjung terlena dibujuk rayu oleh Anda? Berikut saya akan menjelaskan cara menulis sales letter yang saya ambil sebagian dari panduan G-website Gm Susanto.

  • Memancing Perhatian Pengunjung Dalam sales letter

Hal utama dari sales letter yang diperhatikan pengunjung di awal kunjungannya adalah melihat headline atau di awal kalimat. Setelah meliha ini dalam sales letter, ia akan langsung menutup atau langsung menuju bagian bawah tulisan.

Untuk itu, membuat headline atau kalimat awal tulisan di dalam sales letter harus membuat pengunjung tertarik. Bagaimana membuat pengunjung tertarik, terpikat? Tentunya harus memahami kondisi psikis seorang manusia dalam menulis sales letter. Nanti akan dijelaskan di bawah seputar menulis sales letter.

  • Headline Pembuka Sales Letter

Headline pembuka bisa anda gunakan atau tidak. Anda bisa membuat headline pemuka maksimal 2 baris kalimat saja. Contohnya adalah seperti di bawah ini.

Headline sales letter pembuka juga sebagai awal untuk menjelaskan gambaran besar sebuah produk yang nantinya akan dijelaskan di bagian headline utama.

  • Headline Utama Sales Letter

Headline utama sales letter adalah headline yang bertujuan sebagaipemikat utama untuk pengunjung dan sebagai penjelasan sebuah gambaran besar produk atau jasa yang anda tawarkan. Di sinilah anda harus membuat headline yang menyentuh perasaan pengunjung.

Headline sales letter terbaik adalah ketika produk berisikan hal-hal yang mengandung sifat dasar manusia yaitu menginginkan hal “LEBIH” atau bahasa lainnya yang masih berkaitan.

Setiap manusia menginkan:

  • Lebih Kaya
  • Lebih Cantik
  • Lebih Panjang
  • Lebih Sehat
  • Lebih Terkenal
  • Lebih Cepat
  • Dan Lebih Yang Lain

Dan seseorang akan memilik tindakan atau respon yang berbeda atas suatu headline, jika headline tersebut langsung dikaitkan dengan : EMOSI dan HARGA DIRI MANUSIA.

Berikut pembuatan judul atau headline sales letter yang memasukkan unsur LEBIH untuk mendukung emosi dan harga diri manusia. Tentunya saya ambil langsung dari ebook G-website.

  1. Alasan Keamanan (security)
  2. Alasan Cinta
  3. Alasan Kekuasaan (power)
  4. Alasan Immortality (keabadian)
  5. Alasan WEALTH (kekayaan)
  6. Alasan KEBAHAGIAAN
  7. Alasan Kenyamanan (Safety)
  8. Alasan Kesehatan (health)
  9. ALASAN UNTUK DIAKUI OLEH ORANG LAIN ( recognition)
  10. Alasan CINTA/KASIH SAYANG (LOVE)

Penulis akan menjelaskan juga 12 pesan headline utama sales letter yang bisa anda pelajari. Saya ambil 12 pesan headline ini dari ebook G-website Gm Susanto. Berikut rinciannya dalam sales letter.

  1. News Headlines

Contoh:

“Miliki SOFWARE CANGGIH untuk bisa menjadikan Anda webmaster dalam waktu kurang dari 30 menit saja!”

  1. By asking Questions

Contoh:

“Apakah Anda Ingin Tahu Rahasia JITU Supaya Anda  Bisa Membuka Usaha Tanpa Modal dari Kantung Anda Sendiri?

  1. “How to” Headline

Contoh:

“Bagaimana Cara Merencanakan PENSIUN DINI kurang dari 2 tahun dengan pasif income 1 milyar per bulan?”   

  1. Testimonial Headline

Contoh:

“Ini adalah terobosan ilmu terbaru dalam peningkatan kekayaan saya dalam waktu singkat. Hanya dalam waktu kurang dari 3 bulan, modal 1 juta pinjaman teman waktu itu, telah memberikan keuntungan bersih menjadi 100 juta untuk saya! SEMUANYA itu berkat MENTORING ANDA PAK, DAHSYAT!!” Ir.John Edward – Sales Manager PT.ABC 

  1. The Deadline Headline

Contoh:

“Lakukan PEMESANAN SOFTWARE EMAIL MARKETING INI Sebelum 13 Oktober 2007 atau harga akan naik 2x lipat tanpa kompromi!   

  1. Free Offers Headline

Contoh:

“Hanya untuk  30 pembeli saja, GRATIS 13 BONUS E-BOOK PROMOSI Dari Internet Marketer Kelas Dunia  senilai 1,3 juta, take action NOW!!”

  1. Mystery Headline

Contoh:

“Temukan Rahasia Bagaimana Anda Menjadi KAYA RAYA Kurang Dari 2 tahun ala Donald Trump” 

  1. Interview Headline

Contoh:

“Percayakah Anda, hanya Ada 3 Hal yang Bisa  Mengubah Kondisi Keuangan Anda Selamanya?!?” 

  1. Great OFFER Headline

Contoh:

“Harga Kemaren Rp. 2.000.000 ….. SEKARANG HANYA Rp. 999.000,- !” 

  1. The BENEFIT Headline

Contoh:

“Bayangkan Jika Produk kami, Bisa Melangsingkan tubuh Anda tanpa membuat kantong Anda kempes!” 

  1. The “reason why” headline

Contoh:

“ 7 Alasan mengapa Anda harus membeli produk XYZ ditempat kami sebelum bulan November 2007” 

  1. The Combination Headline

Contoh:

“Tanyakan pada diri Anda mengapa Anda harus bekerja dari jam 08.0017.00 sedangkan banyak orang memiliki 10x penghasilan lebih besar dari Anda tanpa harus melakukan kerja keras seperti Anda!”

Pada 12 pesan headline di atas, sebagian contoh di atas mengandung 3 formula headline. Tiga formula itu adalah:

  1. Formula “Number Of Step”

Contoh:

3 Langkah Mudah Menjadi Pemain GOLF seperti TIGER WOODS”

  1. Formula “Number Of Ways”

Contoh:

5 cara bagaimana Anda bisa menjadi kaya seperti Donald Trump”

  1. Formula “In Under” Atau “For Less Than”

Contoh:

“Bagaimana cara mendapatkan 1 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam dengan hanya duduk di depan komputer

Di samping 12 pesan dan formula headline sales letter, anda juga bisa menambah kalimat ‘provokatif positif’ yang tujuannya memperingatkan dengan tegas, bahwa andalah yang benar-benar harus berhenti berselancar dan fokus untuk membaca sales letter.

Namun bila anda tidak bisa membuat kalimat provokasi positif, lebih baik hindari saja. Terpenting pesan dan formula headline harus dibuat dengan baik yang tujuannya memikat pengunjung agar mau membaca sales letter.

Di bawah headline sales letter atau di sampingnya, bisa diberi vidio yang isisnya adalah bukti rill benefit yang akan diberikan kepada pengunjung yang mau membeli produknya. Biasanya bila menjual panduan toko online, yang dibeberkan adalah bagian data penjualan, kunjungan dan yang lainnya. Intinya menyesuaikan dengan inti benefit sebuah produk.

  • Subheadline Sales Letter

Sub headline sales letter adalah untuk mempertegas headline utama. Biasa isinya penjelasan biasa yang mendetail. Namun tetap, ini adalah salah satu untuk memancing minat pengunjung agar membaca sales letter.

Sub headline sales letter biasanya letaknya di bawah. Namanya juga sub headline, otomatis ada di bawah. Biasanya dilengkapi vidio untuk pembuktian tentang apa yang dituliskan.

Menurut Gm Susanto, yang saya kutip dari ebook G-website, sub headline sales letter dibuat untuk:

  1. Menyimpulkan Penawaran
  2. Penawaran Khusus Atau Spesial Discount
  3. Menjelaskan Manfaat Produk Atau Jasa
  4. Memberikan ALASAN Mengapa Pengunjung Harus Terus Membaca Situs Kita
  5. Menjawab Headline Jika Headline Utama Kita Dengan Tipe Pertanyaan
  6. Taruh Autoresponder

Setelah mereka membaca headline, kebanyakan mereka akan melakukan dua hal yaitu:

  1. Langsung meninggalkan situs
  2. Beralih ke layanan yang lebih simpel

Apakah mau memilih point pertama yaitu pengunjung meninggalkan situs tanpa jejak? Atau lebih memilih point kedua yaitu pengunjung memanfaatkan layanan yang simpel yang sengaja untuk menangani masalah ini: pengunjung terburu-buru, langsung pergi tanpa baca sales letter.

Bila menggunakan point kedua, tentunya memberikan layanan produk gratis dan newsletter via email. Ada dua cara menggunakan teknik ini, yang kedua-duanya merupakan cara yang cukup efektif menjaring pengunjung atau prosepek:

Pertama: Menggunakan Autoresponder Berbayar

Cara ini bagi pebisnis yang sudah memiliki modal besar, siap bermain iklan berbayar kelas cepat seperti di Facebook atau Google, pengalaman keberhasilan sudah didapatkan dan tentunya memiliki produk yang berkualitas bagus.

Menggunakan autoresponder berbayar membuat anda harus siap membayar biaya sewa tiap bulannya yang terbilang tidak murah. Yang paling murah saja, kira sekitar minimal 100.000 per bulan. Apa jadinya bila dalam jangka 1 tahun tidak dapat penjualan? Anda rugi 1 juta.

Solusi terbaik adalah selalu mengiklankan situs yang berisi alat autoresponder. Tujuannya agar mendapat pelanggan newsletter dalam waktu cepat. Untuk itu, buatlah layanan yang menarik yaitu:

  • Berikan ebook gratis
  • Berikan informasi spesifik yang berbeda dari blog dan produk yang dijual (bila berupa produk informasi).

Pada intinya anda harus menguasai strategi email marketing.

Pengunjung yang merasa tertarik melihat penawaran simpel yang ada di situs anda, akan langsung pindah ke layanan tersebut dan meninggalkan sales letter panjang anda. Namun, suaktu-waktu ketika sedang santai, ia akan kembali membaca secara detail bila memang ingin membeli produknya.

Jadi, kegunaan layanan newsletter adalah membangun minat terlebih dahulu sebelum membaca sales letter produk. Ini cara yang menarik.

Apakah siap bermain modal?

Kedua: Menggunakan Autoresponder Feedbunner

Cara ini digunakan untuk pemula yang tidak memiliki banyak modal atau belum berani bermain modal besar. Karena layanan Feedbunner gratis, tidak ada biaya sewa.

Rata-rata alat Feedbunner dari Google hanya digunakan untuk menghimpun pelanggan blog saja. Padahal bila sedikit memoles caranya untuk kepentingan penjualan produk, tentunya bisa untuk menghimpun para calon pembeli produk.

Anda bisa melihat cara menggunakan autoresponder di ebook yang lain.

Titik tekan dalam memberikan layanan atau fasilitas adalah memberikan berupa ebook atau vidio. Bila autoresponder berbayar bisa mengirim informasi spesifik tiap waktunya, lewat Feedbunner anda cukup kirimkan satu kali saja namun mewakili informasi yang bisa diberikan dengan autoresponder.

Fokus saja update artikel yang akan secara otomatis terkirim ke email pelanggan. Ini sebagai pengganti teks newsletter-nya.

  • Pembukaan

Tulisan di bagian awal untuk membangun hasrat pengunjung. Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan:

  • Perkenalan (bisa juga dengan menyisipkan foto dan suara Anda)
  • Berikan Testimonial

Ini bersifat opsional. Bila tidak memiliki testimoni, anda bisa lanjut ke pembahasan berikutnya untuk membangun hasrat pembaca.

  • Bangun Hasrat Dan Emosi Pembaca

Ini penting diperhatikan. Membuat headline, oke, sampai pengunjung terpikat untuk membaca. Namun tidak ada artinya bila tidak dilanjutkan dengan membuat pembahasan yang mampu membangun hasrat dan emosi pembaca.

Bila anda tahu isi produknya, akan dengan mudah menjelaskan apa masalahnya dan apa solusi untuk masahalnya. Maka dari itu, penting sekali membeli 1 produk terlebih dahulu kalau bermain pada program affiliate. Jadikan produk yang anda beli sebagai target penghasilan jangka panjang.

Memang mudah saja walaupun anda tidak membeli produk terlebih dahulu, tinggal mencontek sales letter si pemilik. Namun yang menjadi masalah adalah, anda menjiplak ucapan dari situs si pemilik yang bisa jadi hanya merobah kata-kata saja. Kalau anda tahu isi produknya, pasti akan menulis dengan kreatif walaupn mengandalkan sales letter situs utama.

  • Sentuh Pembaca Dengan Masalah-Masalah Yang Sedang Mereka Hadapi Mulai Dari Alenia Pertama

Alenia atau paragraf awal yang berisi tulisan untuk membangun hasrat. Biasanya pembahasannnya ditulis berdasarkan target masalah produk yang menyesuaikan pada diri pengunjung, entah pengunjung merasa ada masalah yang sama atau tidak.

  • Tunjukkan Empati Anda Sambil Menawarkan Solusi..

Anda bisa membuat kalimat yang menunjukkan rasa empati, setelah itu menawarkan solusinya.

Nah, ketika menuliskan poin harapan, disarankan menjurus pada benefit produk yang akan anda tawarkan. Ketika melihat produk affiliate, perhatikan betul kesesuaian point tujuan dengan benefit yang diberikannya.

Di titik ini, anda bisa bisa memberikan testimoni kembali.

  • Tunjukkan Benefitnya..

Pembahasan ini lebih kepada isi tentang produk anda yang berupa solusi-solusi atas masalah.

Anda harus membuat kalimat benefit yang meyakinkan sekaligus memang seperti itulah keadaannya, tidak dibuat-buat. Biasanya kalau dibuat-buat tidak mampu menjelaskan benefit terlalu banyak.

Bila anda memilih produk affiliate, lihat, bagaimana gambaran benefitnya, apakah ditulis dengan gaya bahasa yang menarik dan meyakinkan?

Perhatikan baik-baik apakah headline sampai mau ke penjelasan isi produk ada kesesuaian bila mau memilih produk affiliate terbaik?

Bila jawabannya IYA, maka produk affiliate dianggap bagus walaupun belum membeli produknya.

  • CLOSING

Closing terbaik adalah mengandung serangkaian yang mendukung terjadinya penjualan dan disertai teknik closing yang memenuhi standar pengaruh. Di sinilah akan terjadi penjualan

  • Gunakan rumus USP (Ultimate Advantage, Sensasional Offer, Powerfull Promise/Garansi)

Ultimate Advantage, menurut Tung Desem Waringin dalam buku Marketing Revolution, bisa dikatakan mengenai nilai lebih dari produk atau jasa anda dibandingkan dengan yang lain.

Contoh nilai lebih yang ada pada kursus online saya adalah,“Paket Komplit, Full Mentoring, Full Update Materi, dan 100% Garansi berhasil”. Ini nilai lebih kursus online saya daripada program kursus atau penjualan ebook yang banyak beredar seputar tema blogging bisnis.

Bagaimana menerapkan di sales letter, baik untuk penjualan porduk affiliate atau produk pribadi? Anda bisa memberikan kalimat kelebihan di headline atau sub headline. Bisa dilanjutkan ke pembahasan berikutnya untuk mempertegas. Anda bisa memantapkan memberikan penjelasan Ultimate Advantage di bangian closing.

Sensasional Offer, bisa dikatakan penawaran yang lebih dan membuat konsumen merasa tertarik. Biasanya menyangkut memberikan bonus, diskon atau limit waktu. Namun pemberian hal ini dianggap sensasional bila berbeda dengan yang lain.

Menurut Tung Desem, memberikan bonus atau hadiah jauh lebih baik daripada memberikan diskon. Tetapi alangah baiknya bila membuat strategi pemberian bonus dan memberikan kesan memberikan diskon.

Lakukan pemesanan sekarang juga, diskon 50%, sebesar 100.000, HANYA 50.000 SAJA!

Padahal harga yang sebenarnya cuma 50.000. Tidak berbohong dong, karena anda membuat produk yang layak dihargai 100.000 namun memberikan harga cukup 50.000. Bila ada diskon, tentu ada batas waktunya. Sedangkan anda memberikan diskon sepanjang penjualan.

Strategi pemberian diskon atau bonus memang tidak berlaku untuk menjalankan affiliate marketing. Tetapi biasanya, pemilik produk akan memberikan kupon khusus untuk affiliate yang produktif. Tujuan kupon tentu sebagai tanda memberikan potongan harga bila membeli lewat affiliate yang di maksud.

Powerfull Promise, bisa dikatakan memberikan garansi. Bentuk kalimat memberikan garansi memang berbeda-beda. Dalam pemberian garansi pun harus memikirkan matang-matang. Misal garansi 100% Berhasil, harus bisa membuktikan bahwa apa yang berikan bisa membuat seseorang bisa berhasil. Untuk itu, anda harus membuat kadar atau patokan keberhasilan yang menurut anda mudah.

Contoh:

Hilangkan Resiko Pembayaran Produk Dengan Jaminan Garansi 100% Uang Kembali!

  • Cara Pemesanan

Ada banyak penjelasan mengenai langkah pemesanan. Saya pribadi lebih memilih menindalanjuti ke inbox Fanspage Facebook. Apa alasannya? Pertama, karena menggunakan media gratisan. Kedua, lebih mendukung untuk pemahaman. Ketiga, membangun hubungan kepercayaan.

Saya sendiri pernah membuat penjualan dengan menghadirkan kolom pemesanan. Alasannya karena menggunakan hosting pribadi. Harga ebook cuma 25.000 tetapi sulit sekali mendapat penjualan. Untuk itu saya tidak lagi menggunakan cara seperti ini.

Kecuali bisnis anda sudah berbentuk kerja tim, maka membuat kolom pemesanan harus dilakukan.

  • Nama Anda

Penting memberikan signatur. Memang anda sudah mengenalkan diri di pembahasan awal. Tetapi untuk mempertegas, harus membuat signatur. Biasanya berisi nama pribadi dan jabatan atau keahlian.

Contohnya bisa anda lihat di sales letter.

  • PS (atau Nb.)

Pembahasan inti di atas harus dimasukkan ulang di bagian bawah. Ada dua sifat pengunjung yaitu hanya melihat bagian awal dan langsung melihat bagian bawah. Untuk itu, pengulangan pembahasan inti di atas memang penting. Berikut contohnya:

Sekarang, anda tinggal membuat produk untuk penjualan produk pribadi atau untuk produk untuk mendukung penjualan produk affiliate.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.