Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Apakah anda seorang ibu rumah tangga yang berkeinginan membantuk keuangan keluarga? Bila memang anda menginginkan hal ini, ada beberapa yang bisa anda lakukan di dalam rumah anda. Ingat, pembahasan bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga bisa dipastikan hanya menggunakan media rumah sebagai tempat produksi bahkan bisa ke penjualan. Bisnis rumahan adalah bagian dari home inustri bila mengangkut produksi yang mengandalkan alat produksi. Tetapi, toko kelontong pun bagian dari bisnis rumahan ibu rumah tangga.

Bagaimana cara ibu rumh tangga membangun bisnis rumahan? Berikut adalah proses bagaimana membuka bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga.

1. Membangun Kreatifitas

Biasanya produk kesenian dan kuliner menjadi target para ibu rumah tangga dalam membangun bisnis rumahan. Banyak ibu rumah tangga membuka usaha kerajinan. Banyak juga yang membangun usaha kuliner. Hal ini karena sudah memiliki kreatifitas dalam hal ini. Mereka tinggal membangun kreatifitas yang lebih baik lagi dan tentunya. Tetapi, sebagian besar dari mereka tidak memiliki kreatifitas. Maka dari itu, ibu rumah tangga bisa mengikuti program latihan. Memang, hal ini membutuhkan banyak waktu.

Bila memang tidak punya kreatifitas, ibu rumah tangga bisa menyisiasati dengan membuka bisnis rumahan yang lain. Atau bisa memanfaatkan kreatifitas orang lain.

2. Membuka Toko

Membuka toko sudah seharusnya dilakukan ibu rumah tangga sekalipun anda memproduksi produknya sendiri. Tetapi, membuta toko harus melihat kondisi market dan juga kepantasan dalam membuka toko. Bila memang tempatnya tidak memungkinkan untuk membuka toko, anda tidak perlu membuka toko. Bisa jadi anda membuka toko online. atau, anda memanfaatkan toko orang lain. Pada intinya, anda harus terbantu dengan toko dalam usaha rumahan. Hal ini untuk membangun kesan bahwa anda serius berjualan. Pembeli jangan sampai malas mengunjungi rumah anda dikarenakan anda tidak serius berjualan.

3. Manfaatkan Aplikasi Kuliner Penjualan Online

Para pecinta kuliner, ibu-ibu rumah tangga yang membuka bisnis rumahan kuliner tidak perlu khawatir usaha anda tidak sampai menjangkau banyak target market se-kota. Anda bisa mengandalkan aplikasi kuliner yang sekarang sedang marak seperti Madhang. Dengan menggunakan madhang, para pelanggan bisa memesan melakui aplikasi. Sebenarnya, aplikasi kuliner bekerjasama dengan ojek online. Jadi, si ojek akan membelikan kuliner pada usaha kuliner yang sudah menjalin kerjasama. Anda bisa menjalin kerjasama dengan pihak Madhang karena pihak Madhang sendiri sudah bekerjasama dengan beberapa ojek online.

4. Kemas Produk Usaha Rumahan Dengan Baik

Banyak sekali para pelaku bisnis rumahan tidak serius dalam mengemas produk. Harusnya, anda menseriuskan dalam pengemasan produk. Apalagi, produk anda akan dijual secara online. sekalipun penjualan online hanya satu kota, anda harus memperhatikan pengemasan. Apalagi, produk dibawa oleh jasa kurir yang tidak tahu kondisi produknya bagaimana. Bagaimana kalau datang musim hujan? Anda bisa memerhatikan kemasan yang anti tumpah dan anti air. Tentunya, ini menjadi nilah plus tersendiri. Kemasan bagus biasanya memiliki nilai penjualan yang bagus, setidaknya jauh lebih baik dari yang tidak dikemas dengan baik.

5. Manfaatkan Keluarga Untuk Tim Bisnis Rumahan

Keluarga anda harus berpihak mengurusi bisnis rumahan anda. Ini menjadi nilai plus tersendiri karena ada upaya nilai kekeluargaan. Memang, anda bisa mengerjakan orang lain namun ini bisa dilakukan bila kekurangan karyawan. Keluarga ini harus dilibatkan sekalipun tidak maksimal. Biasanya, anak yang masih sekolah atau kuliah akan kesulitan. Tetapi, setidaknya, mereka bisa menyediakan waktu untuk mengurusi bisnis orang tuanya yang dijalankan di rumah. Tentunya, mereka menjalankan pekerjaan sesuai dengan kemampuannya.

Jangan lupa, sebagai ibu rumah tangga yang mencintai keluarganya, jangan biarkan bisnisnya bangkrut ketika ditingal orang tuanya. Seorang anak seharusnya bisa melanjutkan bisnis rumahan yang diusahakan.

6. Lakukan Penjualan Sistem Pemesanan

Biasanya, bisnis rumahan memakai sistem pemesanan. Maka dari itu, ibu rumah tangga bisa menyediakan hal ini. Bisnis yang melayani pemesanan biasanya bisnis yang produknya memang untuk kebutuhan acara seperti usaha snack, tumpeng mini dan sebagainya. Hal ini untuk mendapatkan penjualan skala banyak dengan resiko yang minim. Biasanya, sistem pemesanan tidak menggunakan modal dari ibu rumah tangga sepenuhnya. Uang DP dari pemesan biasanya sudah dibayarkan. Nah, bagaimana bila banyak pemesanan? Ini menjadi keuntungan yang besar dengan sedikit resiko. Hanya saja, apakah tim pekerja sudah siap melayani banyak pemesanan?

7. Jangan Mengecewakan Pelanggan Tetangga Terdekat

Bisnis rumahan erat sekali dengan kehidupan para tetangga. Hal ini karena bisnis ibu rumah tangga dilakukan di dalam rumah dan dijual dari dalam rumah juga. Maka dari itu, anda jangan mengecewakan pelanggan tetangga terdekat. Mengapa? Informasi dari mulut ke mulut jauh lebih cepat menyebar. Ketika annda mengecewakan pelanggan tetanngga tertekat, dalam waktu dekat, bisa jadi bisnis rumahan anda menjadi kurang laku. Ini bisa berbahaya jika pelanggan anda hanya mengandalkan tetangga terdekat atau wilayah beberapa blok desa anda.

Banyak variasi yang membuat pelanggan kecewa. Anda bisa memikirkan hal yang terbaik dengan selalu menjaga kepercayaan. Mengurangi hal yang negatif dan memaksimalkan yang positif, baik dalam bentuk fisik atau sikap.

8. Cobalah Bisnis Pemasaran Jaringan Bersama Evolve

Bisnis pemasaran jaringan bisa menjadi solusi ibu rumah tangga. Tetapi, tidak semua bisnis pemasaran bisa diikuti ibu rumah tangga bila berurusan dengan bisnis rumahan. Sebagian bisnis pemasaran jaringan ada yang tidak bisa sebagai bisnis rumahan. Mengapa? Tetapi, penulis tidak perlu menjawab. Sebagian lagi bisa dijadikan bisnis rumahan ibu rumah tangga. Mengapa? Karena bisnis pemasaran jairngan bisa dijalankan full online, baik penjualan atau mengembangkan jaringan. Salah satu bisnisnya adalah bisnis bersama Evolve. Bisnis Evolve bisa dijalankan secara online sehinga bisa dijalankan dari rumah. Apakah anda mau berbisnis bersama Evolve?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.